Percobaan 3
Komunikasi I2C Menggunakan Arduino
1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
2. Prosedur Percobaan [Kembali]
- Rangkai semua komponen
- buat program di aplikasi arduino IDE
- setelah selesai masukkan program ke arduino
- jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
Prinsip Kerja
Pada rangkaian percobaan 3 kondisi 6 ini terdiri dari 2 arduino yaitu arduino master dan arduino slave. arduino Master bertugas untuk mengirimkan pesan yang diinput dari keypad, sedangkan arduino slave bertugas sebagai penerima dan menampilkan pesan tersebut pada LCD.
Arduino Master ini akan terhubung pada keypad bertujuan memasukkan karakter. Setiap kali tombol dipencet, karakternya dikirimkan melalui jalur I2C ke Slave.
Pada Arduino Slave terjadi inisialisasi komunikasi I2C yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai slave dengan alamat I2C 9.Setelah itu, pesan akan ditampilkan pada LCD.
Pada Arduino Slave terjadi inisialisasi komunikasi I2C yang menandakan bahwa Arduino tersebut akan berperan sebagai slave dengan alamat I2C 9.Setelah itu, pesan akan ditampilkan pada LCD.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Arduino Master :
Arduino Slave :
Listing Program:
Master
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; // Jumlah baris pada keypad
const byte COLS = 4; // Jumlah kolom pada keypad
// Matriks keypad
char keys[ROWS][COLS] = {
{'7','8','9','A'},
{'4','5','6','B'},
{'1','2','3','C'},
{'*','0','#','D'}
};
// Pin yang terhubung ke baris keypad
byte rowPins[ROWS] = {7, 8, 9, 10};
// Pin yang terhubung ke kolom keypad
byte colPins[COLS] = {3, 4, 5, 6};
// Membuat objek keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
Serial.begin(9600);
Wire.begin(); // Mulai komunikasi I2C sebagai master
}
void loop() {
char key = keypad.getKey(); // Membaca tombol yang ditekan pada keypad
if (key != NO_KEY) { // Jika tombol ditekan
Serial.println(key); // Tampilkan tombol yang ditekan di serial monitor
Wire.beginTransmission(9); // Mulai transmisi ke slave dengan alamat 9
Wire.write(key); // Kirim tombol yang ditekan ke slave
Wire.endTransmission(); // Akhiri transmisi
delay(100); // Tunda sebentar untuk menghindari bouncing pada tombol
}
}
Slave
#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Inisialisasi objek LCD dengan pin yang terhubung
String message = ""; // Pesan yang akan ditampilkan di LCD
void setup() {
lcd.begin(16, 2); // Inisialisasi LCD dengan ukuran 16x2
Wire.begin(9); // Mulai komunikasi I2C sebagai slave dengan alamat 9
Wire.onReceive(receiveEvent); // Panggil fungsi receiveEvent() saat menerima data dari master
}
void loop() {
// Tidak ada yang perlu dilakukan di loop()
}
void receiveEvent(int byteCount) {
while (Wire.available()) {
char receivedChar = Wire.read(); // Baca karakter yang diterima dari master
message += receivedChar; // Tambahkan karakter ke pesan
if (message.length() > 16) { // Jika panjang pesan lebih dari 16 karakter
message = message.substring(1); // Potong karakter pertama dari pesan
}
displayMessage(); // Tampilkan pesan pada LCD
}
}
void displayMessage() {
lcd.clear(); // Bersihkan layar LCD
lcd.setCursor(0, 0); // Set posisi kursor di baris pertama
lcd.print(message); // Tampilkan pesan di LCD
}
Pada kondisi 6 dari percobaan 3, Key A - D menampilkan huruf A - D secara berurut, huruf yang ditampilkan mengalami scroll ke kanan pada kolom pertama
- HTML↠ klik disini
- Proteus ↠ klik disini
- Video Percobaan↠ klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar